Peringkat Ligue 2 Prancis: Persaingan Menuju Promosi ke Ligue 1

peringkat-liga-prancis

Menjelang akhir musim Ligue 2 Prancis 2023/2024, beberapa klub telah memastikan diri sebagai juara dan naik ke kasta tertinggi, sementara yang lain harus terdegradasi karena tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya. Namun, di Ligue 2 sendiri, persaingan untuk memperebutkan tiket promosi ke Ligue 1 masih sangat sengit.

Mengintip Persaingan di Kompetisi Kasta Kedua Liga Prancis
Dunia sepak bola Prancis selalu menjadi sorotan, khususnya kompetisi tertinggi mereka, Ligue 1. Namun, ada juga kompetisi yang tidak kalah sengit di bawahnya, yaitu Ligue 2 atau kasta kedua Liga Prancis. Klub-klub di Ligue 2 terus berjuang keras untuk dapat memperebutkan tiket promosi ke Ligue 1, kompetisi sepak bola terbaik di negara tersebut.
Ligue 2 merupakan kompetisi yang diisi oleh 20 klub sepak bola profesional di Prancis. Kompetisi ini digelar dalam format liga dengan sistem promosi-degradasi, di mana dua klub terbaik akan naik ke Ligue 1, sementara tiga klub terbawah akan terdegradasi ke kompetisi di bawahnya. Persaingan untuk meraih dua tiket promosi ke Ligue 1 setiap musimnya selalu sangat ketat.

Musim 2023/2024: Persaingan Makin Sengit
Memasuki musim 2023/2024, kompetisi Ligue 2 kembali bergulir dengan intensitas persaingan yang sangat tinggi. Beberapa klub besar yang sebelumnya terdegradasi dari Ligue 1 berusaha untuk kembali naik ke kasta tertinggi, sementara klub-klub lain yang musim lalu nyaris promosi juga tak ingin melepaskan kesempatan emas mereka.
Salah satu klub yang diprediksi akan bersaing ketat untuk promosi adalah FC Metz. Klub asal Lorraine ini terdegradasi dari Ligue 1 pada musim 2022/2023 dan mereka sangat termotivasi untuk segera kembali ke level tertinggi. Selain Metz, Bastia juga dianggap sebagai salah satu favorit untuk meraih tiket promosi musim ini.
“Kami sangat termotivasi untuk segera kembali ke Ligue 1. Degradasi musim lalu tentu menjadi pukulan berat bagi kami, tapi kami tak ingin berlama-lama di Ligue 2. Kami akan bekerja keras untuk memperbaiki kesalahan kami dan kembali menunjukkan kualitas kami di kasta tertinggi,” ujar pelatih FC Metz, Laszlo Bölöni.

Kompetisi Sengit Lainnya di Ligue 2
Selain FC Metz dan Bastia, masih ada beberapa klub lain yang juga diprediksi akan bersaing ketat untuk meraih tiket promosi ke Ligue 1 musim ini. Salah satunya adalah Grenoble Foot 38, yang musim lalu sukses finis di posisi ketiga klasemen akhir.
“Kami tak ingin hanya berhenti di situ. Musim lalu memang bagus, tapi kami ingin melangkah lebih jauh lagi. Promosi ke Ligue 1 adalah target utama kami musim ini,” ungkap pelatih Grenoble Foot 38, Vincent Hognon.
Selain Grenoble, klub lain yang juga dipandang sebagai calon kuat promosi adalah Toulouse FC. Klub asal Kota Toulouse ini memang sempat turun ke Ligue 2 pada musim 2021/2022, tapi mereka berhasil kembali promosi musim lalu. Musim ini, mereka ingin membuktikan bahwa tempat mereka memang berada di Ligue 1.
“Kami tahu persaingannya akan sangat berat. Tapi kami punya keyakinan yang kuat untuk bisa kembali ke Ligue 1 musim ini. Kami akan bekerja keras untuk mewujudkan ambisi itu,” ujar pelatih Toulouse FC, Philippe Montanier.

Ancaman Degradasi bagi Klub-Klub Papan Bawah
Di sisi lain, persaingan untuk terhindar dari degradasi juga tak kalah sengit. Tiga klub terbawah di akhir musim nanti akan terdegradasi ke kompetisi di bawahnya, dan tentu saja tak ada satupun klub yang ingin mengalami nasib tersebut.
Salah satu klub yang dianggap rawan terdegradasi adalah Paris FC. Klub asal ibu kota Prancis ini memang sempat tampil cukup impresif musim lalu, tapi mereka masih belum bisa menemukan konsistensi. Pelatih Paris FC, Thierry Laurey, mengaku khawatir dengan situasi timnya saat ini.
“Kami tentu tak ingin terdegradasi. Kami harus bekerja ekstra keras untuk bisa memastikan aman dari ancaman degradasi musim ini. Ligue 2 adalah kompetisi yang sangat kompetitif, kami tak bisa lengah sedikitpun,” ujar Laurey.
Selain Paris FC, beberapa klub lain yang juga dianggap rawan terdegradasi adalah Amiens SC, Rodez AF, dan juga Valenciennes FC. Ketiga klub ini harus berjuang ekstra keras untuk bisa mengamankan tempat mereka di Ligue 2 musim depan.

Paris FC: Mengejar Tiket Otomatis
Paris FC adalah salah satu tim yang memiliki peluang lolos ke Ligue 1 musim ini. Klub yang bermarkas di ibukota Prancis itu pernah memuncaki klasemen Ligue 2 pada awal musim, meskipun performanya kemudian melorot dan harus bertahan di papan tengah. Menjelang akhir musim, Paris FC menduduki peringkat kelima klasemen sementara dengan 63 poin. Mereka harus meraih kemenangan dari sisa pertandingan agar dapat secara otomatis naik ke kasta tertinggi.

FC Sochaux: Kembali ke Habitat Asli
FC Sochaux adalah salah satu klub yang cukup diperhitungkan di Prancis karena pernah menjuarai Liga Prancis dan Coupe de France. Sayangnya, tim ini sudah terjerembab ke Ligue 2 sejak 2013/2014 dan belum mampu promosi ke Ligue 1 sampai saat ini. Pada musim ini, Sochaux berpeluang tampil di Ligue 1 setelah menduduki posisi keempat klasemen sementara dengan 64 poin, yang artinya masuk dalam zona play-off. Namun, mereka masih berpeluang naik secara otomatis jika meraih hasil positif dalam tiga laga terakhir.

AJ Auxerre: Mengejar Mimpi Lama
AJ Auxerre adalah salah satu tim yang pernah menjuarai Ligue 1 pada 1995/1996. Sayangnya, tim asal Auxerre ini harus berkutat di Ligue 2 sejak 2012 sampai sekarang karena gagal bersaing di kasta tertinggi. Pada musim ini, Auxerre tampil cukup konsisten dan berhasil menduduki posisi ketiga klasemen Ligue 2 dengan 65 poin. Mereka masih memiliki peluang untuk naik secara otomatis ke Ligue 1 jika meraih hasil positif.

AC Ajaccio: Mempertahankan Posisi
AC Ajaccio adalah tim yang berhasil tampil cukup baik sepanjang musim ini di Ligue 2. Tim asal Pulau Corsica ini mampu bertengger di papan atas dan sempat memuncaki klasemen pada pertengahan musim. Berada di posisi kedua dengan 68 poin, Ajaccio hanya butuh mempertahankan posisinya agar dapat tampil di Ligue 1 musim depan. Namun, mereka harus meraih kemenangan atau setidaknya menghindari kekalahan demi mempertahankan posisi tersebut.

Toulouse FC: Juara Musim Ini
Toulouse FC menjadi satu-satunya klub yang dipastikan tampil di Ligue 1 musim depan. Hal ini dipastikan setelah tim yang berkandang di Stadium Municipal ini berhasil memuncaki klasemen Ligue 2 dengan torehan 76 poin dan terpaut 8 poin dari AC Ajaccio di posisi kedua. Sepanjang musim ini, Toulouse berhasil tampil impresif dan konsisten menjadi pemuncak klasemen Ligue 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • jalalive
  • okestream
  • jalalive com
  • jalalive 2
  • score808
  • yalla shoot
  • rbtv77
  • bolasiar